SUBNETTING

Cara Menghitung Subnetting IP .Pada hakekatnya semua pertanyaan tentang subnetting akan berkisar di empat masalah: Jumlah Subnet, Jumlah Host per Subnet, Blok Subnet, dan Alamat Host- Broadcast.

Penulisan IP address umumnya adalah dengan 192.168.1.2. Namun adakalanya ditulis dengan 192.168.1.2/24, apa ini artinya? Artinya bahwa IP address 192.168.1.2 dengan subnet mask 255.255.255.0. Lho kok bisa seperti itu? Ya, /24 diambil dari penghitungan bahwa 24 bit subnet mask diselubung dengan binari 1. Atau dengan kata lain, subnet masknya adalah: 11111111.11111111.11111111.00000000 (255.255.255.0). Konsep ini yang disebut dengan CIDR (Classless Inter-Domain Routing) yang diperkenalkan pertama kali tahun 1992 oleh IEFT.

Mengetahui Perhitungan subneting

  1. A )    1 – 126 0 N.H.H.H 255.0.0.0
  2. B )     128 – 191 10 N.N.H.H 255.255.0.0
  3. C )     192 – 223 110 N.N.N.H 255.255.255.0
  4. D)      224 – 239 1110
  5. E)      240 – 254 1111

Biasanya angka nya terdapat setelah garis miring di soal (/).
Nah sekarang  bakalan ngasih contoh nih buat  semua . Ini contoh bagaimana mengetahui subneting secara perhitungan .

Soal 1.
173.0.0.0/19

IIIIIIII   IIIIIIII   III00000   00000000
Habis garis miring kan angka 19 , jd hitung  angka 1 smpe 19 , di pisah 8 8 ya

1)    Next , cara menghitung Jumlah subnet ,

Jadi hitung deh 2pangkat3  = 8 , 3 dpt drimana sih ?
pertanyaan yang bagus , 3 itu dapat dr jumlah 1 yg ada di antara angka 1 badan 0 di kelompok no 3 , yang akhir angka 1 tuh di kelompok mana trus ada berapa ,

2)    Selanjutnya , jumlah host subnet

Hitung deh 2pangkat13 -2 = 8192-2
= 8190 : 256 = 32
13 dapet dari jumlah angka 0 (nol) nya ya gan . klo pembagian nya itu emang wajib kalo dpt jumlah host subnetnya lebih dari 255 .

3)    Jumlah block subnet

Jadi , 256-224=32 , nah itu jawaban nya .
Terus masukin deh brapa block subnetnya sesuaikan dgn jumlah subnet nya , kalo 8 ya 8 aja ..
(0,32,64,96,128,160,192,224….)   <<8 sesuai jumlah subnetnya ya

Subnet 173.0.0.0 173.0.32.0 173.0.224.0
Host  1 173.0.0.1 173.0.32.1 173.0.224.1
Host  2 173.0.0.2 173.0.32.2 173.0.224.2
Host akhir 173.0.30.254 173.0.62.254 173.0.254.254
Broadcast 173.0.31.255 173.0.63.255 173.0.255.255

Host 1                              host 2                                 host 8

Soal 2.

10.0.0.0/16

IIIIIIII   IIIIIIII   00000000   00000000

Habis garis miring kan angka 16 , jd hitung angka 1 smpe 16 , di pisah 8 8 ya .

2n

  1. Next , cara menghitung Jumlah subnet ,

Jadi hitung deh 28   = 256 , 8 dpt drimana sih ?
pertanyaan yang bagus , 8 itu dapet dr jumlah 1 yg ada di antara angka 1 dan 0 , pkok nya yang akhir angka 1 tuh di kelompok mana trus ada brapa , gitu .

2y-2

2.   Selanjutnya , jumlah host subnet

Hitung deh 216-2 = 65536-2

= 65534 : 256 = 255

16 dapet dari jumlah angka 0 (nol) nya ya  . klo pembagian nya itu emang wajib 256 kalo dpt jumlah host subnetnya lebih dari 255 .

256-….= jumlah host subnet

3.      Jumlah block subnet

Jadi , 256-224=32 , nah itu jawaban nya .

Terus masukin  berapa block subnetnya sesuaikan dgn jumlah subnet nya , kalo 8 ya 8 aja ..

(0,1,2,3,4,5,6,…….225)   << sesuai jumlah subnetnya ya

Subnet 10.0.0.0 10.1.0.0 10.255.0.0
Host  1 10.0.0.1 10.1.0.1 10.255.0.1
Host  2 10.0.0.2 10.1.0.2 10.255.0.2
Host akhir 10.0.255.254 10.1.255.254 10.255.255.254
Broadcast 10.0.255.255 10.0.255.255 10.255.255.255

Host 1                                   host 2                                                    host 256

About these ads

About riwandony

SIMPLE

Posted on April 23, 2013, in Info, KKPI and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Real Information

    Real Future

    Devid Arika

    Blognya Anak Indonesia

    Ilhensa's Blog

    Just another WordPress.com weblog

    Matt on Not-WordPress

    Stuff and things.

    Do You Teens

    I' am teenager to adulthood, think about the future

    WordPress.com News

    The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

    Follow

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Join 5,133 other followers

    %d bloggers like this: